Batu Bolong Lombok : Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiketnya

Batu Bolong Lombok

Liburan tak selalu identik dengan pantai yang ramai atau pusat perbelanjaan yang mewah. Kadang, sebuah tempat yang dinilai suci dengan pemandangan indah dapat menjadi pilihan yang menarik. Salah satu tempat yang menggabungkan kedua elemen tersebut adalah Pura Batu Bolong Lombok yang terkenal ini.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang keindahan tempat Batu Bolong Lombok, melibatkan pembaca dalam perjalanan yang memikat melalui sejarah Pura Batu Bolong, daya tariknya, panorama indah, batu berlubang, fasilitas yang tersedia, harga tiket masuk, rute menuju lokasi, dan jam buka operasionalnya.

Sejarah Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong, yang kini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Lombok, memiliki kekuatan yang dalam dalam sejarah dan spiritualitas. Dibangun pada zaman dahulu oleh yang bernama Dang Hyang Dwijendra pada tahun 1533, pura ini menjadi simbol penyebaran Agama Hindu dari Pulau Jawa ke Pulau Bali dan akhirnya mencapai Pulau Lombok. Saat ini, pura ini masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu, dengan ritual peribadatan yang dikenal sebagai titra yatra.

Daya Tarik Pura Batu Bolong

Batu Bolong tidak hanya menawarkan keindahan spiritual, tetapi juga panorama alam yang menakjubkan. Terletak di dekat Pantai Senggigi, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang memukau dari atas batu karang. Keunikan batu berlubang, yang menjadi penopang pura, menambah daya tarik tempat ini. Selain itu, matahari terbenam di Batu Bolong menjadi momen romantis yang sayang untuk dilewatkan.

Panorama Indah

Tempat ini memukau bukan hanya karena keindahan puranya, tetapi juga karena panorama alam di sekitarnya. Dengan lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Senggigi, pengunjung dapat menyaksikan keindahan laut yang memukau dan menikmati suasana yang tenang.

Batu Berlubang

Nama “Batu Bolong” tidak hanya sekedar nama. Batu berlubang yang menjadi ciri khas pura ini memberikan daya tarik tersendiri. Batu ini bukan hanya dianggap penopang pura, tetapi juga rute akses bagi warga yang ingin masuk ke dalam hutan Senggigi untuk mencari kayu. Keunikannya bisa dinikmati langsung dari area pantai, mirip seperti dinding yang memisahkan sisi pantai.

Penting untuk memahami bahwa keberadaan Pura Batu Bolong berkaitan erat dengan masuknya agama Hindu ke Lombok dan Bali. Dengan didirikan pada tahun 1533, pura ini menjadi saksi perkembangan agama Hindu di kawasan ini. Pengunjung juga diwajibkan menggunakan pakaian yang sopan sebagai tanda penghormatan terhadap tempat ibadah ini.

Batu Corak Yang Khas

Selain memiliki lubang di bawah batu, karang ini juga memiliki susunan batu dengan corak khas di atasnya. Corak batu yang unik ini bersanding harmonis dengan pohon kaktus yang tumbuh di atasnya. Kombinasi eksotis ini menawarkan pemandangan yang tidak hanya indah tetapi juga mengesankan.

Fasilitas Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong tidak hanya mempesona dari segi visual, tetapi juga menyediakan fasilitas yang memadai. Pengunjung dapat menggunakan tempat parkir, menemukan tempat penginapan, menikmati kuliner khas Lombok di warung, dan membeli souvenir di toko lokal. Selain itu, ada toilet, ATM, dan bahkan mata air suci yang diyakini memberikan manfaat kesehatan dan keberuntungan.

Fasilitas di Pura Batu Bolong dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung yang datang untuk beribadah atau sekadar menikmati keindahan tempat ini. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Pura Batu Bolong:

Batu Bolong Lombok

  1. Tempat Parkir: Pura Batu Bolong menyediakan area parkir yang memadai untuk kendaraan pengunjung. Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung dapat dengan mudah menjangkau lokasi pura tanpa harus khawatir mencari tempat parkir.
  2. Tempat Penginapan: Di sekitar area Pura Batu Bolong, terdapat beberapa pilihan tempat penginapan. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk menghabiskan lebih banyak waktu menikmati keindahan tempat ini tanpa harus khawatir mencari akomodasi.
  3. Warung Makan: Bagi para pengunjung yang ingin merasakan kuliner khas Lombok, terdapat warung makan di sekitar Pura Batu Bolong. Tempat ini menyajikan hidangan lezat yang dapat dinikmati sambil menikmati pemandangan indah sekitar.
  4. Toko Souvenir: Untuk para wisatawan yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari kunjungan mereka, terdapat toko souvenir di sekitar pura. Souvenir-souvenir ini dapat menjadi kenang-kenangan yang indah dari perjalanan ke Pura Batu Bolong.
  5. Toilet: Pura Batu Bolong juga menyediakan fasilitas toilet bagi para pengunjung. Keberadaan toilet ini memberikan kenyamanan ekstra selama kunjungan, terutama bagi mereka yang ingin berlama-lama di tempat ini.
  6. ATM: Fasilitas mesin ATM tersedia di sekitar Pura Batu Bolong. Ini sangat membantu bagi para pengunjung yang membutuhkan uang tunai selama perjalanan mereka.
  7. Mata Air Suci: Pura Batu Bolong juga terkenal dengan keberadaan mata air suci. Konon, air dari mata air ini diyakini memiliki manfaat kesehatan dan keberuntungan. Pengunjung dapat mencoba pengalaman unik ini selama kunjungan mereka.

Fasilitas-fasilitas tersebut dirancang untuk memastikan bahwa pengunjung dapat merasakan kenyamanan dan kepraktisan selama kunjungan mereka ke Pura Batu Bolong. Dengan berbagai pilihan akomodasi dan layanan yang tersedia, tempat ini menjadi destinasi yang ramah dan menarik bagi semua kalangan pengunjung.

Harga Tiket Masuk Pura Batu Bolong

Batu Bolong Lombok

Untuk menikmati keindahan dan spiritualitas Pura Batu Bolong, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp20.000,00 per orang. Namun, perlu diperhatikan bahwa harga tersebut tidak termasuk biaya parkir, yang berkisar Rp2.000,00 untuk motor dan Rp5.000,00 untuk mobil. Meskipun harga tiket bisa saja berubah, informasi ini dapat menjadi referensi sebelum berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak di Jln Raya Senggigi, Batu Layar, Kab. Lombok Barat, NTB (Nusa Tenggara Barat). Jika berpatokan dengan Pantai Senggigi, pengunjung hanya perlu berjalan selama 5-10 menit. Dari kota Mataram, Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Jarak dari pusat kota Mataram adalah sekitar 18 km. Penggunaan Google Maps dapat memudahkan perjalanan Anda, dan bertanya kepada warga setempat juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Jam Buka Pura Batu Bolong

Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, 24 jam. Karena keunikan tempat ini, jumlah pengunjung meningkat secara signifikan saat libur panjang. Penting untuk diingat bahwa wanita yang sedang menstruasi dilarang masuk sebagai bentuk pantangan yang dihormati.

Dengan semua keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, Pura Batu Bolong menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Lombok. Bagi para pecinta sejarah dan penggemar pemandangan pantai yang indah, tempat ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jika Anda menginginkan liburan tanpa kerumitan, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan layanan biro perjalanan seperti Lombok Tour, yang menawarkan berbagai paket tour ke Lombok untuk memastikan liburan Anda berjalan lancar.

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top