15 Makanan Khas Lombok Timur yang Terkenal Enak dan Murah!

Makanan Khas Lombok Timur

Pesona alam dan keberagaman budaya Indonesia, khususnya pulau Lombok telah lama menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Selain keindahan alamnya, setiap daerah di Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner yang unik dan lezat. Salah satu destinasi kuliner yang patut dikunjungi adalah pulau Lombok bagaian timur, yang tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya, tetapi juga karena keberagaman makanan khas Lombok Timur yang wajib untuk dicoba.

15 Makanan Khas Lombok Timur yang Populer

Jika Anda adalah salah satu pencinta kuliner yang suka menjelajahi tempat-tempat baru, khususnya untuk mengeksplorasi kekayaan kuliner daerah, Lombok Timur adalah destinasi yang wajib masuk dalam daftar perjalanan Anda. Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang menggoda lidah dan tidak menguras kantong. Dalam artikel ini, kita akan membahas 15 makanan khas Lombok Timur yang terkenal enak dan ramah di dompet!

Sate Tanjung

Sate Tanjung merupakan hidangan unik yang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dengan bumbu rempah khas Lombok. Berbeda dengan sate pada umumnya, Sate Tanjung memberikan sensasi rasa yang segar dan lezat. Dipromosikan pertama kali oleh Ibu Salimah pada tahun 1977, kini sate ini telah menjadi primadona kuliner Lombok Timur yang tak terbantahkan. Rasakan kelezatan laut dalam setiap gigitannya!

Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah sajian sate khas Lombok Timur yang berbahan dasar daging sapi. Dengan tekstur yang empuk dan cita rasa yang khas, Sate Rembiga menjadi pilihan favorit para pengunjung. Pengolahannya yang rumit, dari menumbuk daging hingga merendamnya ke dalam bumbu rempah, memberikan cita rasa yang sulit dilupakan. Warung-warung sate Rembiga yang ramai setiap harinya menjadi bukti akan kelezatan hidangan ini.

Ayam Taliwang

Siapa yang tidak kenal dengan Ayam Taliwang? Hidangan ini sudah menjadi ikon kuliner Lombok yang tersebar hingga seluruh negeri. Ayam Taliwang hadir dalam berbagai variasi rasa, mulai dari pedas manis, bakar madu, sambal lima, hingga ayam Taliwang goreng biasa. Disantap dengan nasi putih, lalapan, dan sambel, Ayam Taliwang memberikan pengalaman rasa yang unik dan tak terlupakan.

Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok Timur

Sate Bulayak adalah sajian sate dengan keunikan tersendiri. Berbeda dari sate pada umumnya, Sate Bulayak menggabungkan daging ayam, jeroan, dan daging sapi dalam satu tusukan sate. Uniknya, sate ini disajikan bersama Bulayak, lontong kecil berbentuk bulat, yang memberikan tambahan rasa gurih. Rasakan sensasi tiga rasa dalam satu gigitan!

Bebalung

Makanan Khas Lombok Timur

Bebalung, makanan khas Lombok Timur yang dipercaya dapat meningkatkan stamina dan vitalitas. Dibuat dari iga sapi atau iga kerbau, Bebalung dimasak dengan bumbu rempah khas Lombok. Disajikan dengan kuah yang nikmat, hidangan ini memberikan kehangatan dan kenikmatan, terutama ketika dinikmati dengan nasi putih atau Bulayak.

Ayam Rarang

Makanan Khas Lombok Timur

Bagi pecinta kuliner pedas, Ayam Rarang adalah pilihan yang sempurna. Berbahan dasar ayam kampung, Ayam Rarang digoreng dan diberikan bumbu pedas khas Lombok. Meskipun terlihat sangat pedas dan berminyak, namun rasa pedasnya yang berasal dari cabai rawit dicampur dengan bumbu rempah memberikan sensasi rasa yang luar biasa dan bikin ketagihan.

Sate Pencok

Makanan Khas Lombok Timur

Sate Pencok, atau dikenal juga sebagai Sate Bulayak, menawarkan sensasi cita rasa yang menggugah selera. Dengan isian daging ayam, jeroan, dan daging sapi, sate ini disajikan bersama Bulayak. Yang membedakan adalah cara makannya, Sate Pencok langsung dimakan dengan Bulayak yang dikelupas kulitnya saja, menambah kenikmatan dalam setiap suapan ketika memakannya.

Beberuk Terong

Makanan Khas Lombok Timur

Beberuk Terong adalah hidangan lalapan khas Lombok Timur yang disajikan dengan nasi dan lauk. Terong gelantik, jenis terong kecil berwarna putih, diolah menjadi makanan yang sangat nikmat. Terong ini akan disiram dengan kuah pedas, menciptakan paduan rasa yang segar dan pedas yang menggoyang lidah.

Bantal

Makanan Khas Lombok Timur

Meskipun namanya sama dengan bantal alat untuk tidur, Bantal di Lombok Timur adalah makanan yang terbuat dari ketan dan pisang. Dibungkus dengan daun aren dan dimasak dengan cara dikukus, Bantal sering disajikan pada saat berbuka puasa atau sebagai cemilan saat menjalankan tadarus Al Quran pada bulan Ramadhan.

Kue Keciput

Makanan Khas Lombok Timur

Kue Keciput merupakan makanan khas Lombok Timur yang terbuat dari beras ketan. Dengan bentuk yang mirip onde-onde, kue ini memiliki hiasan biji wijen di luar. Sering disajikan sebagai suguhan pada acara pernikahan atau hari raya lebaran, Kue Keciput memiliki dua jenis, yaitu putih dan hitam yang dibuat dengan beras ketan hitam.

Poteng Jeje Tujak

Makanan Khas Lombok Timur

Poteng Jeje Tujak adalah makanan khas Lombok Timur yang terbuat dari tape. Nama Poteng Jeje Tujak dapat diartikan sebagai “tape jajan tumbuk.” Proses pembuatannya memerlukan tempat yang bersih, dan masyarakat meyakini bahwa makanan ini akan menjadi lebih lezat jika dibuat setelah menjalankan ibadah sholat.

Ayam Pelalah

Makanan Khas Lombok Timur

Ayam Pelalah, meskipun berasal dari Bali, tetapi telah menjadi bagian dari kuliner Lombok Timur. Kuliner Ayam ini diolah dengan berbagai rempah dan bumbu rahasia, memberikan rasa yang unik dan pedas. Disantap dengan nasi hangat, hidangan ini menjadi pilihan yang pas bagi pencinta kuliner dengan kepedasan yang pas.

Plecing Kangkung

Makanan Khas Lombok Timur

Plecing Kangkung adalah makanan khas Lombok Timur berupa olahan sayuran berbahan dasar kangkung. Bedanya dengan tumis kangkung, plecing kangkung di masak dengan cara direbus dan di sajikan dalam keadaan dingin. Di sandingkan dengan sambal tomat, makanan ini menjadi hidangan pendamping yang sedap dan menyegarkan.

Nasi Puyung

Makanan Khas Lombok Timur

Nasi Puyung adalah makanan khas yang menjadi favorit di Lombok Timur. Penyajiannya dengan menggunakan daun pisang sebagai alas, Nasi Puyung di sertai dengan suwir daging ayam, sambal tomat, dan taburan kelapa parut. Citarasa pedas khas Lombok semakin membuat setiap suapan semakin sulit untuk dihentikan.

Kelag

Makanan Khas Lombok Timur

Kelag adalah hidangan berkuah berbahan dasar sayuran yang khas Lombok Timur. Dengan banyak variasi, seperti kelag kelor, kelag lebui, kelag sebie, dan kelag pedis panas, makanan ini cocok di nikmati di siang hari. Penyajiannya dengan nasi putih hangat dan tambahan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, dan sambal, Kelag memberikan sensasi pedas yang memanjakan lidah.

Dengan 15 makanan khas Lombok Timur yang terkenal enak dan murah, perjalanan kuliner Anda di pulau indah ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selamat menikmati kelezatan makanan khas Lombok Timur yang memikat lidah dan lezat!

Dengan beragam pilihan yang menggoda ini, kami mengajak Anda untuk mencoba dan mengeksplorasi kelezatan kuliner Lombok. Beranikah untuk melibatkan lidah Anda dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan, dan buatlah setiap kunjungan Anda menjadi momen kuliner yang berkesan!

Jadi, saat Anda merencanakan liburan ke Lombok, jangan lupa mencari dan menikmati kelezatan 15 makanan khas Lombok Timur ini. Selamat menikmati petualangan kuliner Anda di pulau indah ini, dan jangan ragu untuk berbagi pengalaman makanan Anda dengan teman-teman. Semoga perjalanan kuliner Anda di Lombok Timur memberikan kenangan manis yang tak terlupakan!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top