10 Oleh Oleh Lombok Makanan Apa Saja Yang Lagi Viral

Oleh Oleh Lombok Makanan

10 Oleh Oleh Lombok Makanan

Liburan ke Lombok tidak hanya tentang keindahan pantai dan pegunungan, tetapi juga tentang menggoyangkan lidah dengan mencicipi oleh-oleh kuliner yang lezat dan sedang viral di pulau ini. Jika Anda merencanakan liburan ke Lombok dan ingin membawa pulang pengalaman kuliner yang tak terlupakan, berikut adalah daftar 10 oleh oleh Lombok makanan yang sedang hits dan tempat-tempat yang harus Anda kunjungi.

  1. Ayam Taliwang

oleh oleh Lombok makanan

Ayam Taliwang, sebuah kelezatan kuliner oleh oleh Lombok makanan yang menggoda selera dan merupakan warisan dari Kampung Taliwang, Sumbawa Barat. Potongan ayam muda yang diolah dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang, tomat, terasi, kencur, dan gula merah, lalu dibakar hingga meresapkan cita rasa pedas dan rokok yang khas. Ayam Taliwang bukan hanya sekadar hidangan, tetapi juga sebuah pengalaman kuliner yang memukau.

Rekomendasi Restoran: Ayam Taliwang Irama 3, Resto Ayam Taliwang H. Moerad, Ayam Taliwang Khas Pak Udin,

  1. Plecing Kangkung

oleh oleh Lombok makanan

Menjadi pendamping yang sempurna untuk Ayam Taliwang, Plecing Kangkung merupakan hidangan sayuran yang segar dan pedas. Kangkung direbus dan disajikan dengan tauge, kacang panjang, sambal tomat, kacang, dan jeruk limau, menciptakan kombinasi rasa yang unik. Kelezatan Plecing Kangkung tidak hanya terletak pada citarasa pedasnya, tetapi juga pada kesegaran sayur-sayurannya.

Rekomendasi Restoran: Roemah Langko, Restoran Lesehan Purnama, Lesehan Rirana

  1. Sate Rembiga

oleh oleh Lombok makanan

Sate Rembiga, pilihan istimewa bagi pecinta daging sapi. Daging sapi ditusuk dan dibumbui dengan cabai, bawang, asam jawa, gula merah, terasi, ketumbar, dan kemiri, lalu dipanggang hingga matang. Disajikan dengan lontong dan semangkuk sup kaldu tulang, sate ini menghadirkan cita rasa pedas manis yang menggoda selera.

Rekomendasi Restoran: Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Lesehan Sate Rembiga Lombokoe, Sate Rembiga Hj. Nafisah

  1. Nasi Puyung

oleh oleh Lombok makanan

Nasi Puyung, sajian khas oleh oleh Lombok makanan yang menggoda selera. Nasi puyung ini biasanya disajikan di atas piring beralas daun pisang atau kertas minyak dengan beragam lauk pauk seperti ayam suwir, kering kentang, sambal, telur, kedelai gorengdan kelapa parut. Dengan keberagaman bahan dan rasa, Nasi Puyung menghadirkan pengalaman menyantap yang lengkap.

Rekomendasi Restoran: Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Nasi Balap Puyung RM Cahaya

  1. Sate Bulayak

oleh oleh Lombok makanan

Sate Bulayak, sajian berbasis daging sapi yang memberikan pengalaman rasa unik. Daging sapi ditusuk dengan tusukan yang dibelah bagian ujungnya, lalu diguyur dengan bumbu dari kacang tanah tumbuk sangrai dan santan. Disajikan dengan bulayak, lontong khas Lombok yang dibungkus dengan daun aren atau enau, sate ini menciptakan perpaduan rasa kari yang lezat.

Rekomendasi Restoran: Sate Bulayak Narmada, Sate Bulayak Suranadi, Warung Sate Bulayak Bu Aseh

  1. Sate Pusut

Sate Pusut, kuliner khas Lombok yang berupa sate daging sapi yang empuk, bentuknya ditusuk pada tusukan yang sudah dibelah bagian ujungnya. Menggunakan bumbu cabai, bawang, terasi, jeruk nipis, ketumbar, santan, dan parutan kelapa, sate ini memberikan pengalaman rasa yang tak kalah nikmat.

Kelezatan Sate Pusut tidak hanya terletak pada cara penyajiannya tetapi juga pada bumbu yang digunakan. Daging sapi tersebut dibumbui dengan campuran cabai, bawang, terasi, jeruk nipis, ketumbar, santan, dan parutan kelapa. Campuran bumbu ini memberikan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit asam yang menyatu sempurna.

Satu hal yang membuat Sate Pusut istimewa adalah tekstur daging sapi yang empuk. Proses memasaknya dengan api yang pas membuat daging menjadi lembut dan mudah dipotong, memberikan pengalaman mengunyah yang memuaskan.

Rekomendasi Restoran: Sate Tanjung, Warung Sasak

  1. Bebalung Sapi

Bebalung Sapi, kuliner berkuah khas Lombok yang wajib dicoba. Tulang iga sapi disini dibumbui dengan cabai, jahe, asam muda, bawang, kunyit, lengkuas, dan terasi. Bebalung berasal dari bahasa Sasak yang berarti tenaga, diyakini memberikan energi setelah disantap.

Rekomendasi Restoran: Warung Bebalung Kelebet, Warung Bebalung Sapi Segenter

  1. Ayam Rarang

Bagi pecinta olahan ayam, Ayam Rarang dari Desa Rarang adalah pilihan tepat. Ayam kampung yang digoreng dengan bumbu sambal cabai, disajikan dengan sayur daun kelor dan beberuk terong, menciptakan sensasi tekstur dan rasa yang lengkap.

Ayam Rarang berasal dari Desa Rarang di Lombok, menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi kuliner masyarakat setempat. Olahan ayam kampung yang telah dibumbui dengan sambal cabai, kemudian digoreng hingga kering, memberikan cita rasa yang memikat dan menggugah selera.

Kelezatan Ayam Rarang terletak pada perpaduan bumbu yang digunakan dalam proses pengolahannya. Ayam kampung yang telah dibumbui dengan campuran cabai, bawang, kemiri, dan terasi, memberikan rasa pedas dan gurih yang khas. Ditambah lagi dengan sayur daun kelor dan beberuk terong, Ayam Rarang memberikan sensasi tekstur dan rasa yang lengkap.

Rekomendasi Restoran: Rumah Makan Rarang Inaq Dellah, Rumah Makan Rarang Dua

  1. Sate Pencok

Sate Pencok, sate kikil direbus dan disiram dengan bumbu pelalah, kecap manis, dan taburan bawang goreng. Varian unik dari sate ini banyak ditemui di kaki lima dengan modifikasi menggunakan tepung kanji.

Sate Pencok berasal dari tradisi kuliner masyarakat Sasak di Lombok. Bahan utamanya adalah sate kikil, yang merupakan bagian dari kaki sapi. Daging kikil ini direbus hingga empuk dan kemudian disajikan dalam bentuk sate dengan taburan bumbu pelalah yang khas.

Salah satu daya tarik utama Sate Pencok adalah bumbu pelalah yang menyelimuti daging kikil. Bumbu ini terdiri dari cabai, bawang goreng, kecap manis, dan serutan kelapa parut. Campuran ini memberikan rasa pedas, manis, dan gurih yang khas, menciptakan harmoni cita rasa yang memikat.

Daging kikil yang digunakan pada Sate Pencok memiliki tekstur yang unik dan empuk setelah proses perebusan yang teliti. Teksturnya yang lembut membuat setiap gigitan menjadi nikmat, dan daging pun mudah dipisahkan dari tulang.

  1. Serabi Laklak

Untuk oleh oleh Lombok makanan, Serabi Laklak dan Serabi Erot adalah pilihan yang cocok. Serabi Laklak terbuat dari tepung beras dan santan, sementara Serabi Erot ditambahkan parutan kelapa dan gula aren, memberikan aroma dan rasa manis yang khas.

Salah satu daya tarik utama Serabi Laklak adalah cita rasa manis yang lezat. Tepung beras dan santan yang digunakan dalam adonannya memberikan kelembutan dan kelezatan tersendiri, dan ketika dipanggang, serabi ini memiliki tekstur yang kenyal di bagian luar dan lembut di dalamnya.

Beberapa resep Serabi Laklak menggunakan tepung kanji untuk memberikan kelembutan tambahan pada adonan. Tepung ini memberikan sentuhan kenyal dan lembut pada setiap gigitan, menciptakan pengalaman makan yang lebih memuaskan.

Selain dari tekstur yang lembut di dalam, tepian Serabi Laklak sering kali dipanggang hingga kriuk, menambahkan dimensi rasa yang menarik. Tepian yang kriuk memberikan perpaduan kontras dengan bagian dalam yang lembut, menciptakan kesan yang memikat.

Rekomendasi Restoran: Serabi Laklak Jl. R Soeprapto Lombok Timur

Kuliner khas Lombok memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jangan lupa mencoba berbagai menu nikmat di atas saat liburan Anda di pulau ini! Temukan juga rekomendasi aktivitas seru dan tempat wisata di Lombok untuk melengkapi liburan Anda.

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top