Pantai Pink Lombok : Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiketnya

Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok, atau yang dikenal sebagai Pantai Tangsi, adalah salah satu destinasi wisata unik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung di Pulau Lombok, Indonesia. Keindahan pantai ini tidak hanya terletak pada pasirnya yang berwarna pink yang memukau, tetapi juga pada sejarah, keunikan, dan objek wisata di sekitarnya.

Lokasi Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok terletak di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Secara geografis, pantai ini berada di ujung selatan Pulau Lombok. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari pusat kota Mataram atau Bandara Internasional Lombok. Meskipun perjalanan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam dari Mataram atau 1,5 jam dari bandara, keindahan Pantai Pink Lombok membuat setiap perjalanan terasa berharga.

Akses Mudah ke Pantai Pink Lombok

Pemerintah dan pelaku wisata di Lombok Timur telah berkolaborasi untuk membuka akses yang lebih mudah ke Pantai Pink. Salah satu cara adalah melalui Pelabuhan Tanjung Luar dengan menaiki boat menuju Pantai Pink Lombok.

Kelebihan menggunakan akses boat meliputi jalan yang lebih mudah, kemampuan untuk menikmati destinasi lain di sekitar Pantai Pink, snorkeling, dan kesempatan untuk menikmati menu ikan bakar di atas boat.

Jalan yang Dilalui Lebih Mudah

Keindahan Pantai Pink Lombok sebanding dengan perjuangan menuju lokasi, wisatawan harus bersiap menghadapi perjalanan melalui jalan tradisional yang memerlukan perbaikan. Meskipun demikian, pengalaman ini diimbangi dengan pemandangan pepohonan menjulang tinggi di sepanjang jalan, memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung.

Bagi para pencinta petualangan, perjalanan menuju Pantai Pink Lombok menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman liburan yang tak terlupakan. Walaupun jalan menuju destinasi ini mungkin memerlukan usaha ekstra, namun pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan membuat setiap langkah menjadi bernilai.

Keindahan Perjalanan

Perjalanan dimulai dari pusat kota Mataram atau bandara internasional Lombok, dan meskipun memakan waktu sekitar 2,5 jam dari Mataram atau 1,5 jam dari bandara, setiap momen perjalanan diwarnai oleh keindahan alam Pulau Lombok. Pepohonan yang menjulang tinggi di sepanjang jalan memberikan kesan sejuk dan menambah pesona perjalanan Anda.

Jalur Menuju Pantai Pink

Jalur menuju Pantai Pink masih tergolong tradisional, keindahan hutan lindung Sekaroh Jerowaru yang dilalui membuatnya menjadi perjalanan yang menarik. Udara tropis yang menyapa sepanjang perjalanan menjadikan pengalaman berkendara semakin menyenangkan. Namun, wisatawan perlu menjadi ekstra hati-hati saat melewati jalan yang mungkin memerlukan perbaikan.

Pemandu Arah dan Petunjuk Lokasi

Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang, petunjuk arah menuju Pantai Pink Lombok akan terlihat dekat dengan salah satu sekolah tradisional di daerah setempat. Petunjuk ini memberikan kelegaan dan menandakan bahwa destinasi pantai pink tidak lagi jauh. Arah yang diberikan dengan jelas di sepanjang perjalanan membuat wisatawan lebih mudah menemukan lokasi pantai.

Sebenarnya menggunakan akses boat tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga membuka kesempatan untuk menjelajahi keindahan lain di sekitar Pantai Pink. Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang menakjubkan dan mengunjungi tempat-tempat menarik sebelum tiba di destinasi utama.

Sejarah Pantai Pink Lombok

Pantai Pink Lombok, dulunya dikenal sebagai Pantai Tangsi, pantai ini memiliki sejarah yang menarik. Nama “Tangsi” konon berasal dari masa penduduk Jepang, di mana pantai ini digunakan sebagai barak atau asrama tentara Jepang yang baru mendarat. Pada awalnya, pantai ini hanya berfungsi sebagai tempat transit nelayan sebelum kemudian diangkat sebagai destinasi wisata yang terkenal.

Keunikan Pantai Pink Lombok

Daya tarik utama Pantai Pink Lombok adalah pasirnya yang berwarna pink. Warna ini tercipta karena pasir putih yang mencampur dengan butiran terumbu karang berwarna merah, menciptakan efek kemerahan ketika terkena air laut dan sinar matahari. Keunikan ini membuat warna pasir bervariasi sepanjang hari, menambah pesona pantai ini.

Objek Wisata Sekitar Pantai Pink Lombok

Pantai Pink tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang memukau. Di sekitarnya, terdapat goa peninggalan Jepang dengan panjang 50 meter, yang pada masa perang dunia II digunakan sebagai tempat persembunyian dan pengintai musuh. Pantai ini juga diapit oleh dua bukit yang memberikan pemandangan alam yang luar biasa, cocok untuk berenang, snorkeling, atau hanya menikmati keindahan alam.

Dengan keindahan alam, akses yang semakin mudah, dan objek wisata menarik di sekitarnya, Pantai Pink tidak hanya menjadi destinasi liburan yang populer tetapi juga tempat yang cocok bagi pecinta liburan dan petualangan. Jadikan Pantai Pinksebagai destinasi berikutnya dan nikmati serpihan surga yang jatuh ke bumi ini.

Selain keunikan Pantai Pink Lombok yang menarik perhatian wisatawan, sejumlah objek wisata menakjubkan tersebar di sekitarnya, menambah pesona liburan Anda di pulau indah ini.

Goa Peninggalan Jepang

Di bukit sisi tengah Pantai Pink, terdapat goa peninggalan Jepang yang memiliki sejarah panjang. Goa seluas 50 meter dengan tinggi 1,5 meter ini bukan hanya tempat persembunyian pada masa perang dunia II, tetapi juga digunakan sebagai pos pengintai strategis. Keletakan yang strategis memungkinkan tentara Jepang untuk mengawasi pantai yang cantik ini. Wisatawan dapat menjelajahi goa ini sambil meresapi nuansa sejarah yang melekat di setiap sudutnya.

Bukit Sisi Kiri Pantai

Di sisi kiri Pantai Pink, terdapat sebuah bukit yang menawarkan pemandangan indah. Bukit ini dilapisi oleh padang rumput yang luas, menciptakan kontras yang indah dengan pasir berwarna pink di sepanjang pantai. Dari puncak bukit, pengunjung dapat menikmati panorama Pantai Pink secara menyeluruh. Keindahan alam yang menakjubkan ini memberikan pengalaman yang tidak terlupakan bagi pecinta petualangan dan fotografi.

Tanjung Eksotis di Sisi Kanan

Tak jauh dari Pantai Pink, terdapat tanjung eksotis yang menambah daya tarik destinasi ini. Di tanjung ini, terdapat gazebo yang dirancang khusus untuk para pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang tenang. Belaian angin sepoi-sepoi di gazebo ini menjadikan pengalaman liburan Anda semakin santai dan memikat. Gazebo ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Hamparan Bukit di Sekitar Pantai Pink

Pantai Pink dikelilingi oleh dua bukit yang menjorok keluar. Bukit-bukit ini menambah pesona pantai dengan memberikan latar belakang yang memukau. Dari kedua sisi bukit ini, wisatawan dapat menikmati panorama alam Pantai Pink seiring dengan hembusan angin laut yang menambah kesan romantis dan damai.

Dengan keberagaman objek wisata di sekitar Pantai Pink, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai yang mempesona tetapi juga merasakan keajaiban alam dan sejarah yang melingkupinya.

Objek-objek wisata ini menciptakan pengalaman liburan yang lengkap, memberikan kesempatan untuk bersantai, berpetualang, dan merenung di tengah keindahan alam yang masih alami. Pantai Pink, dengan segala daya tariknya, benar-benar merupakan serpihan surga yang jatuh ke bumi, menawarkan lebih dari sekadar pantai berpasir pink yang begitu indah.

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top