12 Rekomendasi Jajan Khas Lombok Yang Unik dan Terkenal

Jajan Khas Lombok

12 Rekomendasi Jajan Khas Lombok

Lombok, pulau eksotis di Indonesia, tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan beragam jajanan khasnya yang lezat dan unik. Bagi Anda yang suka pergi liburan dan menikmati kuliner lokal, berikut ini adalah 12 rekomendasi daftar jajan khas Lombok yang pasti akan memuaskan lidah Anda.

Sate Bulayak

Jajan Khas Lombok

Sate Bulayak, hidangan pertama yang patut Anda coba ketika di Lombok. Makanan sate ini tidak hanya lezat karena campuran daging ayam, jeroan, dan daging sapi, tetapi juga memiliki ciri khas lontong bulayak yang dibalut dengan daun aren atau enau. Sensasi lembut dan gurih dari lontong ini dipadukan dengan bumbu kacang pedas yang membuatnya tak terlupakan.

Sate Bulayak cocok dinikmati oleh berbagai kalangan, dari pecinta makanan pedas hingga yang lebih suka rasa yang lebih ringan. Kombinasi antara daging yang lembut, bulayak yang kenyal, dan sambal pedas menciptakan variasi rasa yang memuaskan semua selera.

Kuliner Sate Bulayak bukan hanya sekadar hidangan lezat, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya Lombok. Penggunaan bahan-bahan lokal dan teknik memasak tradisional menjadikan hidangan ini sebagai bagian penting dari identitas kuliner daerah tersebut. Saat menikmati Sate Bulayak, Anda seolah-olah menjelajahi kekayaan warisan kuliner Lombok.

Kue Bantal

Jajan Khas Lombok

Lanjut ke kue khas NTB yang satu ini, Kue Bantal. Terbuat dari ketan dengan isian pisang, kue ini memiliki keunikan karena dibungkus dengan daun aren berbentuk kubus. Menjadi teman setia saat Bulan Ramadan, Kue Bantal punya cita rasa manis yang lezat dan tekstur yang membuatnya mudah disukai.

Kue Keciput

Jajan Khas Lombok

Dari kue bantal, kita beralih ke Kue Keciput. Kue tradisional ini, mirip dengan onde-onde, memiliki ukuran lebih mungil. Terbuat dari beras ketan dengan varian keciput original dan keciput hitam, kue ini tidak hanya gurih, tetapi juga renyah dan ringan sebagai camilan yang sempurna.

Kue Keciput memiliki visual yang menarik, mirip dengan onde-onde tetapi dengan ukuran lebih mungil. Keistimewaannya terletak pada rasa gurih dan renyahnya. Berbeda dengan onde-onde yang berisi kacang hijau, Kue Keciput biasanya tidak memiliki isian alias kopong. Tekstur renyah dan ringan membuatnya menjadi camilan yang disukai banyak orang.

Jajanan ini juga populer sebagai oleh-oleh khas Lombok yang sering diburu wisatawan. Karena kelezatannya dan kemasannya yang cantik, Kue Keciput menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan kenang-kenangan atau dibagikan kepada teman dan keluarga.

Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak, sebuah hidangan unik yang berarti tape jajan tumbuk. Dibuat dari tape sebagai bahan utama, poteng jaje tujak kerap dihidangkan saat Lebaran. Menariknya, kepercayaan lokal mengatakan bahwa orang yang membuat hidangan ini harus dalam keadaan bersih, agar menambah keistimewaan dari hidangan ini.

Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut, sesuai namanya, dodol ini terbuat dari rumput laut, bukan tepung beras dan santan seperti dodol pada umumnya. Dengan tekstur kenyal yang tidak lengket, dodol ini memiliki warna dan rasa yang beraneka macam, salah satunya adalah rasa jinten yang memberikan sensasi segar dan pedas.

Dodol ini menciptakan tekstur kenyal yang tidak lengket, memberikan pengalaman baru bagi para pecinta dodol. Rumput laut yang digunakan berasal dari petani lokal, khususnya di daerah Teluk Ekas, Serewe, Lombok Timur. Keberagaman warna dan rasa menjadi daya tarik utama Dodol Rumput Laut.

Sate Pencok

Jajan Khas Lombok

Sate Pencok, varian lain dari sate yang terbuat dari kulit sapi atau adonan tepung kanji. Cara pembuatannya yang unik, dengan adonan yang dibentuk persegi dan ditusuk menggunakan lidi atau bambu kecil bernama ‘katik’. Sate pencok biasanya dinikmati bersama bumbu pelalah yang khas.

Biasanya, Sate Pencok dinikmati bersama bumbu pelalah yang khas. Bumbu ini terdiri dari campuran cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan terasi yang diuleg hingga halus. Bumbu pelalah memberikan sentuhan pedas dan segar pada sate, menjadikannya ketika makan lebih menggugah selera.

Sate Pencok sering dijumpai di banyak tempat di Lombok, terutama di warung-warung pinggir jalan atau pasar tradisional. Penjualnya sering berkeliling untuk menjajakan hidangan lezat ini kepada para pengunjung.

Sayur Ares

Sayur Ares, hidangan tradisional Lombok yang memiliki citarasa kuat. Ares merujuk pada pelepah atau gedebok pisang muda yang diolah bersama kuah santan berempah. Dengan rasa gurih dari kuah santan dan bumbu rempah yang mirip kari, sayur ares seringkali juga ditambahkan dengan daging untuk menambah kenikmatannya.

Ares dapat disajikan dalam berbagai cara. Beberapa orang menyantap Ares bersama nasi, sementara yang lain menyukai hidangan ini sebagai pelengkap untuk makanan utama. Paduan rasa antara tekstur lembut batang pisang dan rempah-rempah yang kaya menciptakan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan.

Beberuk Terong

Beberuk Terong, hidangan pedas yang terbuat dari terong gelatik kecil berwarna putih keunguan. Diolah menjadi lalapan khas Lombok, beberuk terong disajikan bersama kacang panjang dan disiram dengan sambal tomat. Kombinasi rasa manis, asam, dan pedas membuatnya menjadi pendamping sempurna untuk nasi dan lauk.

Bebalung

Bebalung, hidangan khas Lombok terbuat dari tulang iga dan buntut sapi. Meskipun mirip dengan sop daging, bebalung memiliki kekayaan rasa yang unik. Setiap daerah di Lombok bahkan memiliki versi bebalungnya sendiri. Dengan campuran bumbu yang beragam, bebalung cocok disantap dengan nasi hangat.

Sate Rembiga

Sate Rembiga, hidangan sate khas Lombok yang terbuat dari daging sapi empuk dan dibalut dengan bumbu pedas manis. Daging yang dimasak dengan bumbu unik dan disajikan dengan lontong dan plecing kangkung, menjadikan sate rembiga sebagai hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Klepon Kecerit

Klepon Kecerit, jajanan tradisional dengan bentuk unik lonjong dan meruncing di ujungnya. Meskipun bahan dasarnya sama dengan klepon di Jawa, klepon jajan khas Lombok memiliki ukuran yang lebih besar dan sensasi lelehan gula merah di dalamnya yang pecah begitu digigit. Cocok untuk pecinta jajanan yang ingin mencobanya.

Jaje Ore

Jajan Khas Lombok

Jaje Ore, jajan khas Lombok yang unik dengan bahan dasar tepung beras dan campuran rumput laut. Proses pembuatannya yang khas, dengan adonan diletakkan pada tempurung kelapa yang berlubang dan digoreng di atas minyak panas, memberikan cita rasa yang istimewa. Jaje Ore sering di jumpai di pasar tradisional atau acara pernikahan di Lombok Timur.

Dengan daftar ini, liburan Anda ke Lombok akan semakin lengkap dengan mencicipi kelezatan jajanan khas pulau ini. Selamat menikmati! Dengan mengeksplore ragam cita rasa dan kelezatan 10 jajan khas Lombok yang wajib dicoba di Mandalika, perjalanan kuliner Anda di pulau eksotis ini di jamin penuh kenangan manis.

Dari Sate Bulayak yang gurih hingga Dodol Rumput Laut yang kenyal, setiap hidangan menjadi jejak rasa yang tak terlupakan. Jangan lupa, saat berkunjung ke Mandalika, nikmatilah keunikan kuliner lokal ini yang tak hanya memanjakan lidah tetapi juga membawa Anda lebih dekat dengan keberagaman budaya Lombok. Selamat menikmati petualangan kuliner di Mandalika!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top