Kulineran Di Mandalika? 10 Jajanan Khas Lombok Yang Wajib Dicoba

Jajanan Khas Lombok

Selamat datang dalam eksplorasi kuliner yang lezat di pulau yang dikenal akan keindahan alam dan kekayaan budayanya, Lombok. Artikel ini mengajak Anda menapaki perjalanan kuliner yang penuh cita rasa, menelusuri keunikan jajanan khas Lombok yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mencerminkan warisan kuliner yang berharga dari masyarakat setempat. Mulai dari Soto Mandalika hingga Sate Tanjung, mari kita telusuri kelezatan yang menjadi daya tarik utama dari kuliner-kuliner jajanan khas Lombok yang wajib dicoba di pulau ini.

Kulineran di Mandalika: 10 Jajanan Khas Lombok

Mandalika, sebuah destinasi eksotis di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tak hanya terkenal dengan pesonanya sebagai tuan rumah ajang MotoGP bergengsi, tetapi juga dengan kekayaan kuliner lokal yang menggoda selera. Jika Anda seorang pecinta liburan dan kuliner, tak lengkap rasanya jika tidak mencoba jajanan khas Lombok yang menawan. Inilah 10 jajanan khas Lombok yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Mandalika.

Soto Mandalika

Jajanan Khas Lombok

Soto Mandalika menjadi juara pertama dalam daftar kuliner yang wajib dicoba di Mandalika. Berbeda dengan soto dari daerah lain, soto ini unik dengan komposisi yang memadukan ketupat, tauge, bihun, telur, daun bawang, kacang, dan kuah soto yang begitu lezat. Yang membuatnya istimewa adalah paduan lima rasa, yaitu asin, manis, pedas, asam, dan panas. Aroma bawang panggang yang ditabur di atas kuah soto dan tusuk sate yang siap untuk menggugah selera makan.

Ayam Rarang

Jajanan Khas Lombok

Ayam Rarang adalah hidangan ayam dengan bumbu balado yang memukau. Daging ayam yang dimasak dengan cabai rawit merah memberikan cita rasa pedas ketika digigit, membuatnya menjadi favorit pecinta pedas. Selain itu, sajian ini disertai dengan cah kangkung yang segar, menciptakan harmoni cita rasa yang sulit dilupakan.

Sate Rembiga

Jajanan Khas Lombok

Lombok juga terkenal dengan kuliner sapi, dan Sate Rembiga adalah salah satu buktinya. Sate ini tidak hanya pedas, tetapi juga memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Dibuat dari daging sapi, cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, bawang merah, terasi, asam jawa, ketumbar bubuk, kecap manis, gula merah, garam, dan daun pepaya, Sate Rembiga diolah dengan marinating sebelum dibakar. Rasanya yang menggoda membuatnya sempurna dinikmati dengan lontong, urap-urap, atau sayur plecing.

Sate Bulayak

Jajanan Khas Lombok

Sate Bulayak, sejatinya sate dengan bahan dasar daging ayam, jeroan, dan daging sapi, menjadi istimewa berkat bulayak dan sambalnya. Bulayak adalah lontong yang dililit dengan daun aren atau enau, memberikan presentasi unik dan kenikmatan tersendiri ketika dicocol dengan sambal pedas khas Lombok.

Rasa daging yang empuk dan kenyal, dipadu dengan cita rasa khas bulayak yang gurih, menciptakan harmoni rasa yang sulit dilupakan. Proses memasaknya yang cermat dan perpaduan bumbu-bumbu khas Lombok memberikan rasa pedas, gurih, dan nikmat dalam setiap gigitannya. Sate Bulayak adalah contoh sempurna dari keahlian kuliner Lombok dalam menciptakan hidangan lezat yang sarat dengan cita rasa tradisional.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah kuliner yang mungkin sudah akrab di telinga, tapi rasanya yang sesungguhnya dapat dirasakan hanya di Lombok. Terdiri dari ayam taliwang bakar dan ayam taliwang goreng, hidangan ini menggunakan daging ayam kampung yang dibumbui dengan rempah-rempah pilihan. Proses pengolahannya yang cermat menjadikan Ayam Taliwang sebagai sajian yang menggugah selera dan menghadirkan cita rasa autentik Lombok.

Sate Tanjung

Sate Tanjung, sate dari ikan khas Lombok, menggoda dengan rasa pedas dan gurih. Berbeda dari sate umumnya, Sate Tanjung tidak disajikan dengan saus kacang. Keunikannya terletak pada cita rasa pedas yang berasal dari bumbu khusus yang meresap dalam daging ikan empuk.

Sate Tanjung dikenal dengan rasa pedas dan gurih yang menjadi ciri khasnya. Bumbu khusus yang digunakan dalam proses pembuatan sate ini menciptakan perpaduan rasa yang menggoyang lidah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk pecinta makanan pedas.

Proses pembuatan Sate Tanjung melibatkan pemilihan ikan yang berkualitas tinggi. Ikan kemudian dipotong menjadi potongan kecil dan ditusuk menggunakan bambu atau tusuk sate. Sate ini kemudian dipanggang hingga matang, memberikan aroma harum yang menggugah selera.

Ares

Ares, hidangan unik dari Lombok, terbuat dari batang pisang muda atau yang belum berbuah. Pohon pisang kepok menjadi bahan dasarnya. Proses pembuatannya yang sederhana membuat hidangan ini mudah ditemui. Dari potongan-potongan batang pisang yang dimasak dengan pandan dan daun suji, Ares menawarkan cita rasa yang luar biasa.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika, mencicipi Ares menjadi pengalaman kuliner yang tak boleh dilewatkan. Selain memanjakan lidah dengan cita rasa yang unik, Anda juga dapat merasakan keberagaman kuliner khas Lombok yang mampu menggoda selera dan menambah kekayaan pengalaman kuliner Anda di destinasi ini.

Ares, dengan keunikan bahan dan cita rasa khasnya, memberikan sentuhan autentik dari budaya kuliner Lombok. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Ares saat Anda berada di Mandalika dan nikmatilah kelezatannya yang unik dan berbeda.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Poteng Jaje Tujak dan Iwel adalah hidangan langka yang khusus disajikan pada saat hari raya. Makanan Poteng adalah tape ketan, sementara jaje tujak atau tetel adalah makanan olahan berbahan dasar tepung beras ketan yang mirip dengan uli bakar ditambah ketan. Dengan campuran daun suji dan pandan, makanan ini menjadi camilan istimewa di momen khusus.

Kuliner Poteng Jaje Tujak dan Iwel bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga bagian dari warisan budaya Lombok yang perlu dilestarikan. Kedua hidangan ini mencerminkan keahlian tradisional dalam pengolahan bahan-bahan alami menjadi sajian yang lezat dan beraroma khas.

Selain menjadi bagian dari perayaan hari raya, Makanan Poteng Jaje Tujak dan Iwel juga menjadi simbol kebersamaan dan kegembiraan dalam masyarakat Lombok. Kedua hidangan ini menunjukkan kekayaan tradisi dan keunikan cita rasa kuliner lokal yang patut diapresiasi.

Babalung

Babalung, dalam bahasa Sasak, memiliki arti “tulang belulang”. Hidangan ini mirip dengan sup namun dengan bumbu yang lebih kompleks. Dengan racikan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan jahe, Babalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau. Rasanya yang kaya dan bertenaga membuatnya menjadi makanan yang disukai oleh masyarakat setempat.

Beberuk Terong

Beberuk Terong, sering disebut sebagai gado-gado khas Lombok, menjadi teman sempurna ketika makan Ayam Taliwang. Dengan terong ungu, tomat, kacang panjang, timun, sambal, dan bumbu rempah lainnya, makanan ini memadukan kelezatan gado-gado dengan sentuhan lokal Lombok. Tetesan jeruk limau yang segar menambah kesegaran Beberuk Terong.

Dengan kulineran di Mandalika, Anda tidak hanya menikmati keindahan alamnya, tetapi juga merasakan kelezatan dan kekayaan kuliner lokal yang menggoda selera. Selamat menjelajahi dan menikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan di destinasi eksotis ini!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top