10 Daftar Tempat Wisata Kuliner Lombok Paling Legendaris

Kuliner Lombok

10 Tempat Wisata Kuliner Lombok

Selamat datang di perjalanan kuliner Lombok yang menggoda di pulau eksotis ini. Pulau Lombok yang juga dikenal dengan Pulau Seribu Masjid ini tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan ragam kuliner legendaris yang memanjakan lidah.

Di dalam petualangan kuliner kami melalui artikel ini, di mana kami akan membahas sepuluh destinasi kuliner terbaik di Lombok yang wajib Anda sambangi. Mulai dari aroma pedas ayam taliwang hingga kelezatan nasi balap puyung, mari kita jelajahi dan nikmati cita rasa otentik dari tempat-tempat wisata kuliner terbaik di pulau ini.

Pulau Lombok, yang merupakan pulau seribu masjid yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memikat para wisatawan dengan ragam kuliner lezatnya. Bagi Anda yang suka menjelajahi cita rasa lokal, berikut adalah 10 tempat wisata kuliner legendaris di Lombok yang wajib Anda kunjungi.

Ayam Taliwang H Moerad

Kuliner Lombok

Ayam Taliwang H. Moerad adalah warisan kuliner Lombok yang menghadirkan cita rasa unik dari ayam taliwang. Berawal dari sejarah panjang Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali, ayam taliwang memiliki cerita menarik. Juru masak dari Kerajaan Taliwang dikirim sebagai juru damai dan menciptakan resep ayam bakar rempah yang pedas. Restoran ini, kini dikelola oleh Ibu Hj. Siti Sovia Moerad, menyuguhkan hidangan lezat dengan harga terjangkau.

Ayam Bakar Taliwang Irama

Kuliner Lombok

Restoran Ayam Bakar Taliwang Irama menyajikan hidangan ayam taliwang dengan rasa pedas yang khas. Kebanyakan pelanggan yang pernah singgah disini merasa puas atas rasa masakan ayam taliwang Irama, restoran ini menawarkan variasi menu seperti ayam bakar pedas, ayam bakar madu, ayam goreng, plecing kangkung, dan beberuk terong. Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena tempat ini selalu ramai, terutama pada jam makan.

Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Kuliner Lombok

Ayam Taliwang Khas Pak Udin menjadi alternatif wisata kuliner Lombok yang terjangkau, cocok untuk para backpacker. Meskipun sederhana, restoran ini tidak kalah dalam hal rasa dengan harga mulai dari Rp 28.000 per porsi. Dengan jam buka hingga tengah malam, Ayam Taliwang Khas Pak Udin menjadi destinasi ideal untuk mencicipi kuliner malam Lombok.

Depot Bebalung Kelebet

Kuliner Lombok

Depot Bebalung Kelebet memperkenalkan hidangan bebalung, sebuah makanan istimewa dengan kuah pedas yang dapat menghangatkan tubuh. Dipercayai berasal dari bahasa suku Sasak yang berarti “tulang-belulang,” bebalung adalah hidangan khas yang biasanya untuk acara-acara besar di Lombok. Rumah makan ini, yang dimiliki oleh Ibu Hj. Wasiah, terletak di belakang kantor Gubernur NTB, menawarkan harga ramah di kantong sekitar Rp 25.000 per porsi.

Makanan khas ini terdiri dari sop daging tulang iga sapi atau kerbau dengan kuah yang pedas. Keistimewaannya tidak hanya terletak pada rasa lezatnya, tetapi juga pada cara penyajiannya yang khusus untuk momen-momen spesial. Bebalung tidak sekadar hidangan sehari-hari; ia menjadi simbol kebersamaan dan kegembiraan dalam setiap perayaan.

Yang membuat kuah bebalung begitu unik adalah racikan rempah-rempahnya. Kuah pedas yang terkenal mampu menghangatkan tubuh ini diracik dengan teliti, menggunakan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan jahe. Kombinasi bumbu-bumbu alami ini menciptakan paduan rasa yang memukau, memberikan sensasi pedas yang lezat dan hangat di setiap sendoknya.

Sate Tanjung

Di Lombok Utara, Desa Tanjung menjadi tempat kelahiran sate tanjung, hidangan khas dengan bahan baku utama daging ikan cakalang, tuna, dan marlin. Sate ini dikenal dapat mendongkrak stamina dan sering dicari pada bulan Ramadhan. Mengunjungi Desa Tanjung dan mencicipi sate ikan secara langsung memberikan pengalaman kuliner yang unik dan autentik.

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh menjadi ikon kuliner di Kota Mataram sejak tahun 1988. Dibuat dengan menggunakan daging sapi yang direndam dalam campuran rempah istimewa khas Lombok, sate rembiga menawarkan sensasi pedas, manis, dan gurih. Ibu Sinnaseh menyajikan sate rembiga dalam keadaan belum dibakar, memungkinkan wisatawan membawanya sebagai oleh-oleh dengan harga Rp 30.000 per porsi berisi 10 tusuk sate dan lontong.

Kuah sate rembiga di Ibu Sinnaseh menjadi daya tarik utama dengan campuran bumbu yang pas. Cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, dan jahe menjadi elemen penting dalam menciptakan kuah pedas yang menghangatkan tubuh. Rasanya yang begitu autentik menjadi penanda bahwa tradisi kuliner Lombok tetap terjaga dengan baik di tempat ini.

Sate Rembiga Utama Bu Ririn

Warung sate rembiga utama Bu Ririn di Lombok ini sudah ada lebih dari 20 tahun dan menjadi salah satu ikon kuliner para wisatawan di Kota Mataram. Sate rembiga di tempat Bu Ririn menggunakan bahan utama dari daging sapi tenderloin yang diolah dengan rempah-rempah khas Lombok. Dengan harga Rp 25.000 per 10 tusuk, warung sederhana ini menghadirkan sate rembiga dengan cita rasa yang gurih dan lezat.

Salah satu hal yang membedakan Sate Rembiga Utama Bu Ririn dari tempat lainnya adalah cara penyajian sate yang terletak di atas piring anyaman dengan alas daun pisang. Tampilan sederhana ini menambah nuansa alami dan tradisional pada pengalaman bersantap.

Rumah Makan Masteng

Rumah Makan Masteng menawarkan pengalaman kuliner yang unik dengan menghadirkan olahan daging kuda. Daging tulang dan iga kuda diolah menjadi bebalung, sementara dagingnya dijadikan sate. Selain unik, masyarakat juga percaya bahwa mengonsumsi daging kuda dapat meningkatkan kekuatan dan vitalitas. Dengan harga Rp 25.000 per porsi untuk bebalung kuda dan Rp 20.000 untuk daging kuda, tempat ini menarik bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Rumah Makan Dua Em Bersaudara

Warung ini menyajikan berbagai hidangan khas Lombok, seperti ayam bakar taliwang, ayam julad, sate sum-sum, kangkung plecing, pecel, sop kikil, gurame goreng, nila bakar, dan ikan bakar madu. Ayam bakar taliwang di Rumah Makan Dua Em Bersaudara dikukus sebelum dibakar, memberikan rasa yang meresap dan daging yang lembut. Dengan harga mulai dari Rp 25.000 untuk sate sum-sum dan Rp 38.000 untuk ayam taliwang dan ikan terbang, warung ini memuaskan berbagai selera.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini merupakan sajian nasi putih dengan topping tumis sayur buncis, ayam suwir bumbu pedas, ditambah ayam kriuk dan kedelai goreng. Disajikan di atas daun kelapa, hidangan ini juga dapat ditambahkan dengan telur asin untuk menambah kelezatannya. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1973 dan mendapat nama Nasi Balap dari seorang cucu yang suka mentraktir teman-temannya jika menang dalam balapan. Dengan harga mulai dari Rp 18.000 dan Rp 23.000 dengan telur asin, Nasi Balap Puyung Inaq Esun menjadi pilihan sarapan pagi yang lezat.

Dengan mengunjungi tempat-tempat kuliner Lombok yang legendaris ini, Anda tidak hanya akan disuguhkan dengan cita rasa yang khas, tetapi juga menikmati suasana sejarah dan budaya kuliner yang kaya di pulau indah, Lombok. Jangan lupa untuk menikmati keindahan alamnya sekaligus menjelajahi kelezatan kuliner lokal saat liburan Anda di Lombok!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top