15 Makanan Tradisional Lombok yang Wajib Dicoba, Fix Bikin Nagih

Makanan Tradisional Lombok

15 Daftar Makanan Tradisional Lombok

Lombok, destinasi wisata yang memikat dengan keindahan alamnya, juga menyajikan kelezatan kuliner tradisional yang tak kalah menggoda. Jika Anda merencanakan liburan ke pulau eksotis ini, jangan lewatkan untuk mencicipi 15 Makanan Tradisional Lombok yang akan membuat perjalanan Anda semakin berkesan. Inilah daftar makanan khas yang wajib dicoba di Lombok:

  1. Beberuk Terong

Makanan Tradisional Lombok

Beberuk Terong adalah hidangan khas Lombok yang unik dan menggugah selera. Dibuat dari terong gelatik, berbeda dengan terong biasa, terong ini memiliki ukuran kecil dengan bentuk bulat dan berwarna hijau. Bahan-bahan lainnya termasuk jeruk nipis, daun kemangi, dan kacang panjang. Semua bahan ini dicampur dengan rempah khas, menciptakan citarasa yang unik dan segar. Beberuk Terong biasanya disajikan sebagai jenis lalap atau sayur, sehingga nikmatnya akan lebih terasa jika disantap dengan lauk dan nasi.

  1. Sate Pencok

Sate Pencok merupakan variasi sate yang dikenal di seluruh Indonesia, tetapi versi Lombok ini memiliki sentuhan khas. Ada dua versi Sate Pencok, salah satunya menggunakan bahan utama sagu yang diolah dan dibentuk kotak, sedangkan yang lainnya menggunakan kulit sapi tebal yang juga dibentuk kotak. Proses penyajiannya tetap tradisional dengan cara ditusuk menggunakan bilah bambu dan dibakar hingga matang. Uniknya, Sate Pencok disajikan dengan bumbu pelalah, bukan menggunakan sambal kacang atau kecap seperti sate pada umumnya.

  1. Nasi Balap

Nasi Balap adalah hidangan sederhana namun lezat yang berasal dari Lombok Timur. Meskipun tidak ada yang istimewa dari bahan-bahannya – nasi putih dan ayam suwir, proses pengolahan dan penyajiannya membuatnya istimewa. Nasi Balap disajikan di atas daun pisang, memberikan aroma dan rasa yang khas. Ayam suwir tadi juga telah diolah dengan bumbu pedas yang nikmat. Ditambah dengan topping telur, kering kentang, dan kedelai goreng, Nasi Balap menjadi hidangan yang sulit diabaikan, terutama bagi para pecinta kuliner yang menginginkan pengalaman baru.

  1. Ayam Rarang

Ayam Rarang adalah hidangan ayam pedas khas Lombok yang berasal dari desa Rarang. Nama “Rarang” sendiri mengacu pada desa asal hidangan ini. Hidangan ini dikenal dengan warnanya yang merah mencolok dan rasa pedas yang menggigit. Ayam yang digunakan biasanya dari jenis ayam kampung yang memiliki daging gurih. Meskipun daging ayam ini cenderung kenyal, proses pengolahan dengan rempah-rempah khas Lombok menjadikannya lembut dan nikmat saat dikonsumsi. Ayam Rarang dimasak dengan menggunakan cabai rawit sebagai bumbu utama, memberikan cita rasa pedas yang khas.

  1. Ayam Taliwang

Makanan Tradisional Lombok
Makanan Tradisional Lombok

Ayam Taliwang merupakan salah satu kuliner paling terkenal di Lombok dan bahkan di seluruh Indonesia. Hidangan ini berupa ayam bakar dengan bumbu dan rempah-rempah khas Lombok. Ada berbagai varian Ayam Taliwang, mulai dari ayam bakar kecap, madu, hingga ayam goreng. Proses memasaknya melibatkan pembakaran ayam dengan api langsung, memberikan rasa gurih dan aroma yang unik. Ayam Taliwang biasanya disantap dengan nasi hangat dan sayur plecing kangkung. Jangan lupa mencicipi sambal pedas yang khas, yang akan memberikan tambahan nikmat pada hidangan ini.

  1. Nasi Kotaraja

Makanan Tradisional Lombok
Makanan Tradisional Lombok

Nasi Kotaraja adalah hidangan khas dari wilayah Lombok Timur. Meskipun tampilannya sederhana, rasa yang dihasilkannya tak bisa dianggap remeh. Hidangan ini terdiri dari nasi putih dan daging sapi yang diberi sentuhan bumbu dan rempah khas Lombok. Kelezatan Nasi Kotaraja juga diperkuat oleh teman makannya, seperti jangan rarit (sejenis sambal khas) dan sambal sebie. Dua jenis makanan pendamping ini dipercaya dapat meningkatkan selera makan bagi siapa saja yang mencicipinya.

  1. Kelaq

Makanan Tradisional Lombok

Kelaq merupakan hidangan sayuran yang mungkin masih asing di telinga banyak orang. Terdapat berbagai jenis Kelaq yang mengacu pada bahan dasar yang digunakan. Sebagai contoh, Kelaq kelor menggunakan daun kelor sebagai sayur utamanya, sementara lebui mengandalkan biji kedelai hitam yang mudah ditemui di Lombok. Meskipun Kelaq tidak dapat langsung dinikmati, artinya harus dihidangkan bersamaan dengan lauk lain dan nasi putih. Dari semua jenis Kelaq, Kelaq Sebie adalah yang paling nikmat dan cukup dikenal dengan citarasa pedas khas yang lezat.

  1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung adalah hidangan sayuran yang cukup terkenal di Lombok. Dalam hidangan ini, kangkung dikukus dan disajikan dengan bumbu sambal tomat khas Lombok. Plecing Kangkung biasanya disiapkan dengan tambahan kacang tanah yang sudah digoreng, taoge, dan kacang panjang. Semua bahan ini masih belum lengkap tanpa adanya sambal tomat yang diolah dengan rempah-rempah khas, seperti cabai rawit, perasan air jeruk nipis, bawang merah, dan lainnya. Rasa pedas yang diberikan sangat cocok untuk dinikmati dengan nasi hangat dan lauk Ayam Taliwang.

  1. Ayam Pelalah

Ayam Pelalah dari Lombok ini adalah olahan hidangan yang terbuat dari ayam dan juga sambal khas Lombok. Ayam tersebut dibakar terlebih dahulu dan kemudian di suwir. Sambalnya terdiri dari banyak rempah, seperti bawang merah dan bawang putih, cabai, tomat, dan terasi. Keunikan Ayam Pelalah terletak pada proses perendaman ayam dengan rempah khas sebelum dibakar, memberikan rasa yang meresap hingga ke dalam daging. Dengan sentuhan pedas yang khas, hidangan ini menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner khas Lombok.

  1. Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak adalah salah satu kudapan nikmat di Lombok yang terbuat dari bahan utama tape ketan. Uniknya, tape tersebut bukan terbuat dari singkong, melainkan dari ketan. Prosesnya mirip dengan tape pada umumnya, yaitu dengan cara diberi ragi untuk proses fermentasi. Kepercayaan masyarakat setempat menambah daya tarik pada pembuatan Poteng Jaje Tujak, di mana pembuatannya diwajibkan dalam keadaan suci terlebih dahulu. Jika tidak, maka Poteng Jaje Tujak tidak akan memiliki rasa yang senikmat seperti biasanya.

  1. Kue Keciput

Kue Keciput adalah salah satu makanan ringan khas Lombok yang patut dicoba. Berbahan dasar beras ketan dan gula, kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan onde-onde, tetapi ukurannya lebih kecil dan teksturnya lebih keras. Perbedaan utamanya terletak pada isian, dimana Kue Keciput tidak menggunakan isian apapun. Hidangan ini sering dijumpai di berbagai daerah, dan di Lombok, Kue Keciput menjadi pilihan favorit untuk menikmati kelembutan dan kelezatan makanan ringan.

  1. Sate Ikan Tanjung

Sate Ikan Tanjung merupakan hidangan unik asal Lombok Utara, tepatnya dari kabupaten Tanjung. Beda dari sate pada umumnya, Sate Ikan ini terbuat dari daging ikan yang telah dibersihkan, dibumbui, dipotong kecil, dan ditusuk dengan bilah bambu atau sapu lidi. Proses memasaknya melibatkan pembakaran hingga matang, memberikan rasa gurih dan pedas karena bumbu dan rempah-rempah khas Lombok yang digunakan. Sate Ikan Tanjung pernah diperkenalkan di lokasi wisata di Jakarta dan mendapat sambutan baik dari pengunjungnya.

  1. Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah hidangan sate dengan bahan dasar daging sapi yang berasal dari daerah Rembiga, Mataram. Keunikan Sate Rembiga terletak pada proses memasaknya yang tidak langsung dibakar, melainkan harus ditumbuk terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan agar tekstur daging sapi semakin empuk. Sebelum dibakar, daging yang telah ditumbuk direndam dengan air campuran rempah pilihan selama dua jam, membuatnya memiliki cita rasa yang kaya dan lembut. Sate ini biasanya disajikan dengan Bulayak, sejenis lontong khas Lombok.

  1. Bantal Khas Lombok

Makanan Tradisional Lombok

Bantal Khas Lombok bukanlah bantal untuk tidur, tetapi merupakan sejenis kue yang hampir mirip dengan ketupat. Bahan utamanya adalah ketan yang dibersihkan, kemudian diberi tambahan pisang, dan dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun aren. Cetakan tersebut memberikan bentuk mirip bantal, sehingga makanan ini dinamai Bantal. Proses selanjutnya melibatkan perebusan hingga matang. Keunikan dari Bantal Khas Lombok tidak hanya terletak pada cita rasanya, tetapi juga pada kepercayaan masyarakat setempat yang menuntut pembuatannya dalam keadaan suci.

  1. Bebalung

Makanan Tradisional Lombok
Makanan Tradisional Lombok

Bebalung merupakan hidangan yang jelas dari namanya berasal dari tulang. Hidangan ini menggunakan tulang yang dimasak dengan cara direbus untuk mendapatkan kuah kaldu yang gurih. Bebalung mirip dengan rawon, tetapi warnanya sedikit lebih cerah. Rempah yang digunakan untuk menambah sensasi nikmat dan gurih antara lain lengkuas, kunyit, jahe, dan cabai rawit. Makanan ini sering disantap dengan nasi hangat dan sambal pedas untuk memberikan pengalaman kuliner yang lengkap.

Dengan 15 Makanan Tradisional Lombok ini, liburan Anda di pulau eksotis ini akan semakin berwarna. Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan kuliner khas yang akan memanjakan lidah Anda selama berada di Lombok!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top