Pura Batu Bolong Lombok : Lokasi, Rute, Jam Buka, dan Harga Tiketnya

Pura Batu Bolong Lombok

Lombok, pulau yang terkenal dengan pesona alamnya yang memukau, menawarkan destinasi wisata yang tak terlupakan. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Pura Batu Bolong. Dalam artikel ini, kita akan mengexplore lokasi Pura Batu Bolong Lombok, rute, jam buka, dan harga tiketnya, sambil menjelajahi sejarah, daya tarik, dan fasilitas yang membuatnya istimewa.

Sejarah Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong, berdiri megah di pesisir Lombok Barat, memiliki sejarah panjang yang melibatkan legenda bernama Dang Hyang Dwijendra pada tahun 1533. Dibangun dalam konteks menyebarkan agama Hindu dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, pura ini menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu. Ritual peribadatan, dikenal sebagai “titra yatra,” dilakukan dengan penuh kekhidmatan. Keberadaannya menjadi bagian penting dalam perjalanan agama Hindu di Lombok dan Bali.

Daya Tarik Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong di Lombok tidak hanya sebuah tempat ibadah, tetapi juga merupakan destinasi wisata yang menawarkan daya tarik luar biasa. Berikut adalah beberapa aspek menarik dari Pura Batu Bolong

  1. Panorama Indah

Salah satu daya tarik utama Pura Batu Bolong adalah pemandangan indah yang dapat dinikmati pengunjung. Terletak dekat dengan Pantai Senggigi, pura ini menawarkan pandangan spektakuler ke lautan dan matahari terbenam. Suasana romantis di saat matahari merunduk menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Batu Berlubang

Batu Berlubang, yang menjadi salah satu daya tarik utama di sekitar Pura Batu Bolong, bukan hanya sekadar batu biasa. Nama “Batu Bolong” diambil dari bahasa Jawa, di mana “Batu” berarti batu sementara “Bolong” berarti berlubang di tengah. Batu ini tidak hanya memiliki arti kosmetik, melainkan memiliki peran penting dalam keberadaan pura dan hubungannya dengan masyarakat sekitar.

Batu ini bukan hanya elemen arsitektural yang menarik, tetapi juga memiliki fungsi praktis. Selain menjadi bagian integral dari struktur penyangga Pura Batu Bolong, batu berlubang ini juga berperan sebagai jalur akses bagi warga yang ingin memasuki hutan Senggigi untuk mencari kayu. Dalam pandangan sekilas, batu karang yang berlubang ini mirip dengan dinding alam yang memisahkan dua sisi pantai.

Selain sebagai unsur struktural, batu berlubang ini menjadi simbol keunikan dan daya tarik Pura Batu Bolong. Keberadaannya memberikan kesan visual yang istimewa, menambah keeksotisan dan keindahan alam sekitar pura. Dengan kombinasi keaslian dan keunikan ini, Batu Berlubang menjadi bagian integral dari pengalaman wisata di Pura Batu Bolong, memberikan daya tarik yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

  1. Sejarah Pura yang Megah

Keberadaan Pura Batu Bolong terkait erat dengan sejarah masuknya agama Hindu ke Lombok. Dibangun pada tahun 1533 oleh resi Dang Hyang Dwijendra, pura ini menjadi simbol penyebaran agama Hindu di wilayah tersebut. Sejarahnya yang kaya menciptakan aura spiritual bagi pengunjung.

  1. Batu dengan Corak Khas

Batu karang Pura Batu Bolong bukan hanya penyangga, tetapi juga menjadi daya tarik visual dengan corak khasnya. Susunan batu yang dipenuhi dengan pohon kaktus memberikan kesan eksotis dan menambah keunikan tempat ini. Melihatnya dari pantai, batu ini seperti dinding alam yang memisahkan dua dunia.

Fasilitas Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong, sebagai destinasi wisata yang tak hanya memukau dari segi alam dan sejarah, juga menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Dalam kunjungan ke Pura Batu Bolong di Lombok, Anda akan menemukan area parkir yang memadai, tempat penginapan di sekitar, dan warung kuliner yang menyajikan makanan khas Lombok.

Fasilitas toilet yang tersedia di sekitar pura memberikan kenyamanan tambahan, sementara mesin ATM memudahkan akses perbankan. Bagi yang ingin membawa pulang kenang-kenangan, terdapat penjual souvenir yang menyediakan barang khas Lombok.

Pura Batu Bolong juga dikenal dengan keberadaan mata air suci yang diyakini memiliki manfaat kesehatan dan keberuntungan. Harga tiket masuk yang terjangkau menambah nilai positif bagi para pengunjung.

Lokasi yang mudah diakses dan petunjuk jelas membuat perjalanan ke Pura Batu Bolong semakin menyenangkan. Dengan begitu, kunjungan Anda tidak hanya akan menghadirkan keindahan alam dan sejarah, tetapi juga kenyamanan yang lengkap.

Harga Tiket Masuk Pura Batu Bolong

Harga tiket masuk Pura Batu Bolong terjangkau, hanya sekitar Rp20.000,00 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir, yang dibedakan antara motor dan mobil. Informasi ini bisa menjadi referensi sebelum merencanakan kunjungan ke pura ini.

Rute Menuju Lokasi Pura Batu Bolong

Jika Anda berencana mengunjungi Pura Batu Bolong di Lombok, berikut adalah panduan rute menuju lokasi indah ini

Lokasi Wisata : Jl. Raya Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

  1. Dari Pantai Senggigi

Jika Anda berpatokan dari Pantai Senggigi, perjalanan ke Pura Batu Bolong sangatlah singkat. Hanya dengan berjalan kaki selama 5-10 menit, Anda akan tiba di destinasi yang memukau ini. Sambil menikmati keindahan pantai, Anda dapat mengikuti petunjuk arah atau bertanya kepada warga setempat.

  1. Dari Kota Mataram

Jika Anda berada di pusat kota Mataram, perjalanan ke Pura Batu Bolong dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil. Ambillah arah ke arah barat menuju Batu Layar, dan Anda akan sampai di lokasi dengan mudah.

  1. Dari Pelabuhan Bangsal

Jika Anda tiba di Pelabuhan Bangsal, perjalanan ke Pura Batu Bolong juga dapat dilakukan dengan mudah. Gunakan Google Maps atau tanyakan kepada warga sekitar mengenai arah ke Batu Layar. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat untuk mencapai lokasi pura.

  1. Jarak dari Pusat Kota Mataram

Pura Batu Bolong terletak sekitar 18 km dari pusat kota Mataram. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, taksi, atau sewa mobil. Pastikan untuk memanfaatkan rute tercepat dan terbaik yang tersedia.

  1. Alternatif dari Pelabuhan Bangsal

Jika Anda tiba di Pelabuhan Bangsal, Anda dapat mengarahkan perjalanan ke Batu Layar. Setelah tiba di sana, tanyakan pada warga sekitar mengenai arah menuju Pura Batu Bolong.

Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat jika membutuhkan petunjuk. Mereka biasanya ramah dan siap membantu para wisatawan mencapai destinasi dengan lancar.

Dengan panduan rute ini, Anda dijamin dapat mencapai Pura Batu Bolong dengan mudah. Nikmati perjalanan Anda dan bersiaplah untuk terpesona oleh keindahan alam dan spiritual yang ditawarkan oleh Pura Batu Bolong di Lombok.

Jam Buka Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong buka setiap hari, 24 jam. Keterbukaan sepanjang waktu ini membuatnya menjadi destinasi yang ramai dikunjungi, terutama saat libur panjang. Namun, ada pantangan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk tidak masuk ke pura sebagai tanda penghormatan.

Pura Batu Bolong tidak hanya menawarkan keindahan spiritual, tetapi juga kecantikan alam yang memukau. Dengan harga tiket yang terjangkau, fasilitas lengkap, dan akses yang mudah, pura ini menjadi destinasi yang sempurna bagi para pencari petualangan dan pengagum keindahan alam serta sejarah. Plan your trip to Pura Batu Bolong now and experience the enchantment of Lombok!

Siap untuk merayakan liburan tak terlupakan di Lombok? Biarkan Lombok Tour ID menjadi pemandu perjalanan Anda ke destinasi eksotis ini! Dengan layanan tour dan travel kami, Anda akan menemukan keindahan pulau yang menakjubkan tanpa perlu repot mengurus detail perjalanan. Nikmati momen tanpa batas, pilih paket tur kami, dan biarkan Lombok Tour ID menjadi penyelenggara liburan impian Anda.

Scroll to Top