Tour Sirkuit Internasional Mandalika

Harga
350.000/PAX
Lokasi
Lombok
Durasi
1 Hari

Tour Sirkuit Internasional Mandalika

Tour Sirkuit Internasional Mandalika (secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit) adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 km dengan 17 tikungan.Tour sircuit mandalika ini yang dimana di lombok direncanakan akan pertama kali menggelar MotoGP pada Maret 2022 dan GT World Challenge Asia pada Oktober 2022. Sirkuit Mandalika sebelumnya sudah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Superbike putaran Indonesia pada 2021.

Sirkuit ini pada awalnya dikabarkan memiliki panjang 4,8 km, tetapi berubah menjadi 4,32 km dengan 19 tikungan. Desain sirkuit kemudian diperpendek lagi menjadi 4,31 km dengan 17 tikungan. Menurut Ricky Baheramsjah, CEO Mandalika Grand Prix Association, tikungan dikurangi karena faktor keamanan dan menggantinya dengan trek lurus untuk “menambah aksi overtaking.” Selain itu, desain sirkuit juga dinilai “lebih menguntungkan salah satu pabrikan”.

Saat peresmian, sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan, dengan kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dan total mencapai 195.700 orang. Mandalika menggunakan aspal berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang lebih kasar dan diharapkan akan memperkuat cengkraman ban.

Tour Sirkuit Internasional Mandalika

Sejarah

Pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika per Desember 2020

Pada akhir 2016, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mendapatkan sertifikat Hak Pengelolaan Lahan untuk membangun sirkuit Mandalika dari Badan Pertanahan Nasional. Pada Januari 2017, Managing Director Mrk1 Consulting, Mark Hughes, membuat sketsa awal tata letak sirkuit di Lombok. Pada 20 Januari 2017, penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports.Pada November 2017, Vinci Grand Construction Projects menandatangani kontrak pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok dengan nilai investasi 6,5 triliun Rupiah. Pembangunan sirkuit diperkirakan akan memakan waktu 2 tahun, dimulai pada 2018, namun sirkuit belum dibangun sampai 2019.Pembangunan infrastruktur KEK Mandalika, yang termasuk sirkuit Mandalika, direncanakan akan memakan 3,6 triliun. Menurut Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan, dana akan diperoleh dari pinjaman Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) secara bertahap sampai tahun 2023. Untuk pencairan tahun 2019, ada 2 paket senilai 900 miliar dan 700 miliar. Target selesai adalah Juni 2020.Pada Februari 2019, Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengkonfirmasi bahwa Sirkuit ini akan menggelar MotoGP selama 3 musim, dari musim 2021 sampai 2023. Namun, MotoGP batal digelar pada 2021 karena pandemi Covid-19 dan ditunda hingga 2022.Pada jadwal sementara MotoGP, Grand Prix sepeda motor Indonesia akan digelar di Mandalika setelah Grand Prix Qatar pada 20 Maret 2022.Sirkuit ini juga menjadi tempat digelarnya tes pramusim MotoGP musim 2022, dari 11-13 Februari 2022.Selain MotoGP, sirkuit ini juga direncanakan akan menggelar Kejuaraan Superbike dan Asia Talent Cup. Kejuaraan Superbike awalnya direncakan pada 12-14 November 2021, tetapi diundur menjadi 19-21 November agar tidak bentrok dengan jadwal sementara MotoGP. Balapan pertama Asia Talent Cup yang awalnya direncanakan pada 14 November juga diundur menjadi 19 November karena kekurangan marshal yang bertugas.

Pertamina mengeluarkan dana sebesar 7 juta USD atau sekitar Rp100 miliar untuk hak penamaan dan juga menjadi sponsor utama sirkuit Mandalika. Kontrak ini berlaku sampai akhir tahun 2022.Pada 12 November 2021, Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika beserta infrastruktur pendukungnya. Ia kemudian mengendarai motor mengelilingi sirkuit. Peresmian tersebut dilakukan menjelang balapan Asia Talent Cup yang diselenggarakan dua hari kemudian.Pada 16 November 2021, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dibentuk sebagai unit usaha ITDC untuk mengelola dan mengoperasikan sirkuit Mandalika.Pada 19 November, seusai sesi latihan bebas World Superbike ronde Indonesia, beberapa pembalap menyoroti permukaan lintasan yang kotor. Jonathan Rea mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika sedikit kotor, terutama di luar garis balapan. Namun pembalap lain, seperti Scott Redding, Leon Haslam, dan Michael van der Mark, menganggap hal tersebut adalah hal yang normal untuk trek baru.Pada 21 Desember, diumumkan bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar ronde final GT World Challenge Asia untuk musim 2022 pada 21-23 Oktober 2022.Meskipun demikian, perlombaan ini batal dilaksanakan pada 2022 karena Sirkuit Mandalika belum memenuhi homologasi untuk sirkuit balap mobil dari FIA. Direktur Kejuaraan GT World Challenge Asia, Benjamin Franassovici, menyebut bahwa penyelesaian masalah akan dilakukan supaya mereka memiliki “opsi balapan di sana tahun depan”.

 


Berikut ini Highlight Destinasi Tour Sirkuit Internasional Mandalika:

  • Mengunjungi Desa Sukarara yaitu salah satu desa pengrajin kain tenun di lombok
  • Mengunjungi Desa Sade dan Desa Ende atau Rambitan  yaitu  desa rumah adat sasak di lombok
  • mengunjungi Sirkuit Mandalika Lombok
  • Mengunjungi Pantai Kuta Lombok salah satu pantai Ikonik di pulau lombok dan pantai Tanjung Aan yang lokasinya berdekatan dengan pantai Kuta
  • Makan siang di lokal resto

TOUR INCLUDED:

    • Private Transport + BBM + Driver/Guide;
    • Air Mineral Selama Tour Berlangsung;
    • Tiket Masuk Objek Wisata, Donasi, & Parkir;
    • Guide Local;
    • Dokumentasi Trip;

TOUR EXCLUDED: 

    • Makan Siang & Makan Malam;
    • Pengeluaran Pribadi diluar Tour Paket;
    • Tipping Guide/Driver;
    • Etc.

Paket Tour sircuit mandalika merupakan paket tour yang

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Telegram

Anda mungkin juga menyukainya

375.000/PAX
Lombok
5.650.000/COUPLE
Lombok
1.500.000/PAX
Lombok
2.000.000/PAX
Lombok
Scroll to Top